Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Protes Komeng Ketika Ditempatkan di Komite II DPD, Senator Jabar: Komeng yang Meminta

 

Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka menyatakan Presiden Joko Widodo ikut membantu Presiden terpilih Prabowo Subianto dalam penyusunan kabinet.

Hal itu disampaikan Gibran usai meninjau penyelenggaraan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII di Edutorium UMS, Solo, Jawa Tengah, Jumat (11/10).

"Ya ada beberapa masukan," kata Gibran saat ditanya mengenai keterlibatan Presiden Jokowi dalam penyusunan kabinet.

Namun Gibran buru-buru menegaskan Prabowo memiliki hak preogratif untuk menentukan menteri-menterinya. Ketua Umum Partai Gerindra itu memiliki wewenang penuh dalam menyusun kabinet pemerintahan mendatang.

"Tapi sekali lagi keputusannya di Pak Presiden terpilih," kata Gibran.

Putra Presiden Jokowi itu enggan menjawab saat ditanya siapa saja nama yang masuk dalam bursa calon menteri di Pemerintahan Prabowo-Gibran. Namun ia memastikan Prabowo sudah selesai menyusun kabinetnya.

"Pak Presiden terpilih hampir 100 persen, beliau sudah memilih orang-orang terbaik di posisinya masing-masing," kata dia.

Gibran juga enggan menjawab saat ditanya soal berapa banyak politisi maupun profesional yang akan menduduki kursi menteri.

"Nanti tunggu minggu depan ya," jawabnya singkat.

Jokowi sendiri menegaskan ia menyerahkan sepenuhnya urusan prerogatif presiden dalam menyusun kabinet selanjutnya kepada Prabowo.

Namun ia tetap memberikan masukan ketika Prabowo mengajaknya berdiskusi.

"Saya pun juga tidak mau diintervensi untuk urusan hak prerogatif. Jadi sama, saya juga tidak ingin ikut-ikutan, tapi kalau ditanya ya saya jawab," kata Jokowi dalam acara Kompas 100 CEO Forum di Istana Garuda IKN, sebagaimana yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (11/10).

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Prabowo akan langsung melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon menterinya sebelum dilantik.

Para calon menteri tersebut nantinya akan bertatap muka langsung dengan Prabowo.

"Nanti akan ada semacam fit and proper, walaupun sudah dilakukan oleh tim tapi akan langsung oleh Pak Prabowo untuk dilakukan sesi tatap muka untuk kemudian dalam tahap finalisasi," kata Dasco di kompleks parlemen, Jumat (12/10).

Sementara Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Prabowo akan langsung mengumumkan jajaran kabinetnya pada malam hari setelah dilantik sebagai Presiden pada 20 Oktober mendatang.

"Pak Prabowo dilantik tanggal 20 Oktober, mungkin tanggal 20 malam kabinet akan segera diumumkan. Tanggal 21 akan segera dilantik," kata Muzani dalam acara Kompas 100 CEO Forum di Istana Garuda IKN, Jumat (11/10).

Sumber Berita / Artikel Asli : CNN Indonesia

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved