Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pejabat senior Hizbullah selamat dari upaya pembunuhan Israel


 BEIRUT/YERUSALEM: Seorang pejabat senior Hizbullah lolos dari upaya pembunuhan Israel pada hari Kamis di Beirut, kata tiga sumber keamanan, sementara serangan Israel di sana menewaskan 22 orang dan PBB mengatakan pasukan penjaga perdamaiannya di Lebanon selatan berada dalam bahaya yang semakin besar.

Wafiq Safa, yang mengepalai unit penghubung dan koordinasi Hizbullah yang bertanggung jawab untuk bekerja dengan badan-badan keamanan Lebanon, menjadi sasaran Israel pada Kamis malam tetapi selamat, kata sumber-sumber keamanan tersebut.

Sebelumnya pada hari Kamis, seorang sumber keamanan Lebanon mengatakan kepada Reuters bahwa serangan udara Israel di pusat kota Beirut menargetkan setidaknya satu pejabat senior di Hizbullah yang didukung Iran.

Serangan Israel tersebut menghantam lingkungan pemukiman padat gedung apartemen dan toko-toko kecil di jantung kota Beirut. Israel sebelumnya tidak menyerang daerah tersebut, yang jauh dari pinggiran selatan Beirut tempat markas besar Hizbullah telah berulang kali dibom oleh Israel.

Israel tidak mengeluarkan peringatan evakuasi menjelang serangan pada hari Kamis, yang merupakan serangan paling mematikan di pusat kota Beirut sejak dimulainya permusuhan.

Jumlah korban meningkat dengan cepat, dan menjelang tengah malam Kementerian Kesehatan Lebanon melaporkan 22 orang tewas dan 117 orang terluka. Di antara yang tewas adalah satu keluarga beranggotakan delapan orang, termasuk tiga anak-anak, yang telah dievakuasi dari selatan, menurut sumber keamanan.

Saksi mata Reuters mengatakan setidaknya satu serangan terjadi di dekat sebuah pompa bensin dan kolom asap tebal terlihat. Api besar berkobar di latar belakang saat petugas penyelamat mencari korban selamat di antara puing-puing, menurut video yang disiarkan oleh televisi Al-Manar milik Hizbullah.

Tidak ada komentar langsung tentang insiden tersebut dari Israel.

Setelah Israel membunuh serangkaian pejabat tinggi Hizbullah dalam beberapa minggu terakhir, termasuk pemimpin tertinggi Hassan Nasrallah, Safa termasuk di antara sedikit tokoh senior yang selamat saat eselon atas kelompok itu berjuang untuk mengatur ulang.

Upaya untuk membunuh Safa, yang perannya menggabungkan urusan keamanan dan politik, menandai pelebaran target Israel di antara pejabat Hizbullah, yang sebelumnya berfokus pada komandan militer dan pemimpin puncak kelompok itu.

Safa, yang menurut laporan media Timur Tengah lahir pada tahun 1960, mengawasi negosiasi yang menghasilkan kesepakatan tahun 2008 di mana Hizbullah menukar jenazah tentara Israel yang ditangkap pada tahun 2006 dengan tahanan Lebanon di Israel. Insiden tahun 2006 tersebut memicu perang selama 34 hari dengan Israel.

Reuters juga melaporkan bahwa pada tahun 2021 Safa memperingatkan hakim yang menyelidiki ledakan dahsyat pelabuhan Beirut tahun 2020, yang berusaha menanyai beberapa politisi yang bersekutu dengan Hizbullah, bahwa Hizbullah akan menyingkirkannya dari penyelidikan.

Militer Israel mengeluarkan peringatan evakuasi baru pada Kamis malam untuk wilayah pinggiran selatan Beirut, termasuk beberapa bangunan tertentu. Sebelumnya pada hari itu, Israel memperingatkan warga sipil Lebanon agar tidak kembali ke rumah mereka di wilayah selatan untuk menghindari bahaya akibat pertempuran.[ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved