Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Arkeolog Temukan Lokasi Pemandian Air Panas Romawi Kuno Abad ke-4 SM, Lantainya Dihiasi Mosaik Indah

 


Arkeolog di Italia menemukan struktur dan sisa-sisa monumental saat seluruh arkeologi kelima yang dilakukan oleh Universitas Palermo bersama pihak Taman Arkeologi Tindari dan Kotamadya Tusa.

Temuan tersebut diperkirakan merupakan sisa-sisa kota kuno Halaesa pada abad ke-4 SM. Kota tersebut sekarang dikenal dengan sebutan “Tusa” yang terletak di pantai utara Sisilia, Italia.

Dikutip dari laman La Brujula Verde, kota kuno Halaesa Didirikan pada abad ke-4 SM oleh Archonides, seorang pemimpin Sicel yang menetap di daerah tersebut setelah serangkaian konflik dengan Dionysius I dari Sirakusa. Halaesa kemudian dengan cepat berkambang menjadi pusat penting regional karena lokasinya yang strategis.

Temuan menarik pada situs ini ada pada kompleks pemandian air panas besar yang memiliki elemen dekorasi unik dan mendetail. Sisa bangunan tersebut meliputi dua ruangan dengan dekorasi lantai mosaik serta halaman yang dikelilingi oleh sayap bertiang.

Penemuan pemandian kuno
Fitur-fitur ini menunjukkan situs ini tidak hanya fungsional tetapi juga merupakan ruangan mewah yang dimaksudkan untuk dikagumi oleh penghuni dan pengunjung.

Nilai dari temuan juga terletak pada ornamen yang masih terpelihara. Mosaik yang ditemukan menunjukkan tingkat seni dan dekorasi yang tinggi dan menyoroti pentingnya ekonomi dan budaya Halaesa pada zaman kuno.



Selain tempat pemandian air panas, muncul juga mengungkap keberadaan jaringan jalan yang direncanakan dengan baik dan ada semacam bangunan yang menyerupai benteng, temuan itu menjelaskan sistem perlindungan dan organisasi di kota itu.

Direktur pelaksana Taman Arkeologi Tindari, Domenico Targia mengumumkan situs ini akan menjalani serangkaian restorasi dan konservasi untuk memastikan perlindungan situs tersebut agar dapat memetakan perkembangan kota Halaesa selama berabad-abad.

Konservasi ini juga memungkinkan peningkatan nilai dan pembukaan umum di masa mendatang untuk mendapatkan keuntungan ekonomi.

Sumber Berita / Artikel Asli : merdeka

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved