Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

22 orang tewas dalam serangan udara di pusat kota Beirut, Israel juga menembaki pasukan perdamaian PBB


BEIRUT: Serangan udara Israel di pusat kota Beirut pada hari Kamis meninggalkan dua lingkungan membara, menewaskan 22 orang dan melukai puluhan orang, kata kementerian kesehatan Lebanon, serta semakin meningkatkan konflik berdarah Israel dengan militan Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon.

Serangan udara di pusat kota Beirut — yang paling mematikan dalam lebih dari setahun perang — tampaknya menargetkan dua bangunan tempat tinggal di lingkungan terpisah secara bersamaan, menurut seorang fotografer AP di tempat kejadian. Itu merobohkan satu gedung apartemen dan menyapu bersih lantai bawah yang lain.

Militer Israel mengatakan sedang menyelidiki serangan yang dilaporkan. Serangan udara Israel jauh lebih umum di pinggiran selatan Beirut yang padat, tempat Hizbullah mendasarkan banyak operasinya.

Setelah serangan itu, TV Al Manar milik Hizbullah melaporkan bahwa upaya untuk membunuh Wafiq Safa, seorang pejabat keamanan tinggi kelompok itu, telah gagal. Dikatakan bahwa Safa tidak berada di dalam salah satu gedung yang menjadi sasaran.

Serangan hari Kamis itu menyusul setahun saling balas antara Hizbullah dan Israel yang memanas menjadi perang habis-habisan dalam beberapa minggu terakhir, dengan Israel melancarkan gelombang serangan udara besar-besaran di Lebanon dan melancarkan invasi darat. Hizbullah telah memperluas tembakan roketnya ke daerah-daerah yang lebih padat penduduknya di dalam Israel, yang hanya menimbulkan sedikit korban tetapi mengganggu kehidupan sehari-hari.

Serangan itu terjadi pada hari yang sama ketika pasukan Israel menembaki pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa di Lebanon selatan dan melukai dua dari mereka, yang menuai kecaman luas dan mendorong Kementerian Pertahanan Italia memanggil duta besar Israel sebagai protes.

Serangan Israel menghantam pusat kota Beirut

Para saksi melaporkan sejumlah besar ambulans dan orang-orang berkumpul di reruntuhan dua lokasi di Beirut yang terkena serangan, di lingkungan Ras Al-Nabaa dan daerah Burj Abi Haidar.

Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan 22 orang tewas dan 117 lainnya luka-luka, tanpa merinci identitas mereka. Serangan udara Israel baru-baru ini di lingkungan yang berbatasan dengan Beirut, khususnya pinggiran selatan yang padat penduduk, telah menewaskan pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, dan komandan senior lainnya.

Hizbullah mulai menembakkan roket ke Israel pada 8 Oktober 2023, untuk mendukung Hamas dan Palestina, yang memicu serangan udara Israel sebagai balasan.

Hizbullah terus menembakkan roket ke Israel pada hari Kamis, yang memicu sirene serangan udara di beberapa bagian Israel utara. Beberapa pesawat tanpa awak yang menuju Israel dicegat, kata militer.

Iran — yang mendukung Hamas, Hizbullah, dan kelompok bersenjata lainnya di seluruh wilayah — meluncurkan sekitar 180 rudal balistik ke Israel minggu lalu sebagai balasan atas pembunuhan militan Hamas dan Hizbullah.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan Rabu bahwa tanggapannya terhadap serangan rudal Iran akan "mematikan" dan "mengejutkan," tanpa memberikan rincian lebih lanjut, saat Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berbicara dengan Presiden Joe Biden.

Ditanya tentang serangan udara terbaru di Lebanon, Wakil Presiden AS Kamala Harris mengatakan kepada wartawan di Las Vegas, "Kita harus mencapai gencatan senjata, baik yang berkaitan dengan apa yang terjadi di Lebanon, dan tentu saja Gaza. Kami bekerja sepanjang waktu dalam hal itu, tetapi kami ingin perang ini berakhir dan kami harus benar-benar meredakan apa yang terjadi di kawasan itu."

Sebelum serangan terbaru, unit respons krisis Lebanon mengatakan serangan Israel selama sehari terakhir telah menewaskan 28 orang, sehingga total menjadi 2.169 orang tewas di Lebanon sejak perang meletus Oktober lalu.

Serangan Hizbullah telah menewaskan 28 warga sipil serta 39 tentara Israel, keduanya di Israel utara sejak Oktober 2023 dan Lebanon selatan sejak Israel melancarkan invasi daratnya pada 30 September. Israel mengatakan invasi itu, sejauh ini difokuskan pada jalur sempit di sepanjang perbatasan, bertujuan untuk mendorong militan kembali sehingga puluhan ribu warga Israel dapat kembali ke rumah mereka di utara.

Pasukan penjaga perdamaian PBB terjebak dalam pertempuran yang meningkat di Lebanon

Misi penjaga perdamaian PBB di Lebanon, yang dikenal sebagai UNIFIL, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa markas besar dan posisinya "telah berulang kali diserang" oleh pasukan Israel.

Dikatakan sebuah tank Israel "langsung" menembaki menara observasi di markas besar pasukan di kota Naqoura, Lebanon, dan bahwa tentara telah menyerang sebuah bunker di dekat tempat pasukan penjaga perdamaian berlindung, merusak kendaraan dan sistem komunikasi. Dikatakan sebuah pesawat tak berawak Israel terlihat terbang ke pintu masuk bunker.

Dua tentara UNIFIL yang terluka dalam serangan itu dan dirawat di rumah sakit adalah warga negara Indonesia, kata Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani.

Militer Israel mengakui melepaskan tembakan di pangkalan PBB di Lebanon selatan pada hari Kamis dan mengatakan telah memerintahkan pasukan penjaga perdamaian untuk "tetap berada di tempat yang dilindungi."

Kemudian pada hari Kamis, kepala pasukan penjaga perdamaian PBB mengatakan 300 pasukan penjaga perdamaian di posisi garis depan di perbatasan Lebanon selatan telah dipindahkan sementara ke pangkalan yang lebih besar, dan rencana untuk memindahkan 200 lainnya akan tergantung pada kondisi keamanan saat konflik meningkat. Jean-Pierre Lacroix mengatakan pada pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB bahwa pasukan penjaga perdamaian dengan UNIFIL tetap berada di posisi mereka, tetapi karena serangan udara dan darat mereka tidak dapat melakukan patroli.

UNIFIL, yang memiliki lebih dari 10.000 pasukan penjaga perdamaian dari puluhan negara, dibentuk untuk mengawasi penarikan pasukan Israel dari Lebanon selatan setelah invasi Israel tahun 1978. Perserikatan Bangsa-Bangsa memperluas misinya setelah perang tahun 2006 antara Israel dan Hizbullah, yang memungkinkan pasukan penjaga perdamaian untuk berpatroli di zona penyangga yang didirikan di sepanjang perbatasan.

Israel menuduh Hizbullah membangun infrastruktur militan di sepanjang perbatasan yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengakhiri perang tahun 2006.

Diplomat utama Uni Eropa, Josep Borrell, dengan tajam mengutuk serangan Israel yang menghantam posisi UNIFIL sebagai "tindakan yang tidak dapat diterima, yang tidak ada pembenarannya."

Dari Italia, yang memiliki sekitar 1.000 tentara yang dikerahkan sebagai bagian dari UNIFIL, Menteri Pertahanan Guido Crosetto melangkah lebih jauh, mengklaim Israel dengan sengaja menargetkan pangkalan UNIFIL di Lebanon selatan dalam serangan yang "dapat merupakan kejahatan perang."

Beberapa negara lain, termasuk Prancis, Spanyol dan Yordania, juga mengecam serangan Israel.

Kelompok bantuan mengatakan staf tewas dalam serangan di sekolah

Bahkan ketika perhatian telah beralih ke pertempuran jarak dekat Israel dengan Hizbullah di Lebanon dan meningkatnya ketegangan dengan Iran, Israel terus menyerang apa yang dikatakannya sebagai target militan Palestina di seluruh Jalur Gaza.

Sebelumnya pada hari Kamis, serangan Israel terhadap sebuah sekolah yang melindungi orang-orang terlantar di Gaza tengah menewaskan sedikitnya 27 orang, kata pejabat medis Palestina. Militer Israel mengatakan mereka menargetkan militan Palestina, tetapi orang-orang yang berlindung di sana mengatakan serangan itu mengenai sebuah pertemuan pekerja bantuan.

Korban tewas termasuk seorang anak dan tujuh wanita, menurut Rumah Sakit Martir Al-Aqsa, tempat jenazah dibawa. Seorang reporter Associated Press melihat ambulans mengalir ke rumah sakit dan menghitung jenazah, yang banyak di antaranya tiba dalam keadaan terpotong-potong.

Militer Israel mengatakan mereka menargetkan sebuah pusat militan di dalam sekolah, tanpa memberikan bukti. Israel telah berulang kali menyerang sekolah-sekolah yang diubah menjadi tempat perlindungan di Gaza, menuduh militan berlindung di sana.

"Tidak ada militan. Tidak ada Hamas," kata Iftikhar Hamouda, yang telah melarikan diri dari Gaza utara pada awal perang.

"Kami menuju ke tenda-tenda. Mereka mengebom tenda-tenda ... Di jalan-jalan, mereka mengebom kami. Di pasar-pasar, mereka mengebom kami. Di sekolah-sekolah, mereka mengebom kami," katanya. "Ke mana kami harus pergi?"

Serangan Israel di Gaza dimulai setelah serangan Hamas pada 7 Oktober, ketika militan menyerbu Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menculik sekitar 250 orang lainnya.

Serangan Israel telah menewaskan lebih dari 42.000 warga Palestina, menurut otoritas kesehatan setempat, yang tidak menyebutkan secara spesifik antara militan dan warga sipil. Perang tersebut telah menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza dan mengungsikan sekitar 90 persen dari populasinya yang berjumlah 2,3 juta orang, sering kali terjadi beberapa kali.[ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved