Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Profil Tia Rahmania, Caleg Terpilih yang Dicopot PDIP dari DPR Usai Viral Kritik Pimpinan KPK

 Nama Tia Rahmania menjadi sorotan setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memutuskan untuk mencopotnya sebagai Caleg Terpilih 2024. Akibatnya, Tia batal dilantik sebagai anggota DPR RI meski telah mendapatkan suara yang cukup signifikan di Pemilu 2024.

Pembatalan ini diumumkan melalui surat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diunggah di situs resmi KPU pada Rabu (25/9/2024). Dalam keputusan tersebut, Tia Rahmania, yang memperoleh 37.359 suara dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Banten Pandeglang-Lebak, digantikan oleh Bonnie Triyana, yang menempati posisi kedua dengan 36.516 suara.

"Bonnie Triyana dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menggantikan calon terpilih atas nama Tia Rahmania, M.Psi., Psikolog. Tia tidak lagi memenuhi syarat untuk menjadi anggota DPR karena diberhentikan dari partainya," demikian tertulis dalam surat keputusan KPU tersebut.

Pencopotan Tia Rahmania dari daftar Caleg Terpilih disebabkan oleh keputusannya yang tidak lagi memenuhi syarat sebagai anggota DPR. Hal ini terjadi setelah Tia diberhentikan sebagai kader PDIP, partai yang mengusungnya dalam Pemilu 2024.

"Kami mencabut pencalonan Tia Rahmania karena yang bersangkutan telah diberhentikan dari keanggotaan partai," bunyi keterangan resmi dalam surat keputusan tersebut.

Profil Lengkap Tia Rahmania

Tia Rahmania, seorang psikolog terkemuka, lahir di Palangkaraya pada 30 Maret 1979. Setelah menamatkan pendidikan di Universitas Indonesia dengan gelar S1 dan S2 di bidang Psikologi, ia meniti karir sebagai dosen di Universitas Paramadina. Karir akademiknya melesat hingga ia dipercaya menjadi Dekan Fakultas Falsafah dan Peradaban pada 2017-2022.

Selain berkiprah di dunia akademik, Tia juga aktif dalam berbagai organisasi, di antaranya Asosiasi Psikologi Sekolah Indonesia (APSI) Wilayah Banten, dan Esport Indonesia (ESI) Kabupaten Pandeglang. Di dunia politik, Tia menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, Bidang Ekonomi Kreatif, sebelum akhirnya diberhentikan dari partai seperti dikutip dari fajar

Protes Wakil Ketua KPK, Tia Rahmania Gagal Jadi Anggota DPR, Netizen: Pantas Semua Takut Bersuara

Netizen soroti Tia Rahmania Caleg DPR RI yang gagal dilantik usai layangkan protes ke Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron.

Protes tersebut disuarakan anggota PDIP di acara pemantapan nilai-nilai kebangsaan calon anggota DPR RI 2024-2029, Minggu (22/9).

Tia menuntut Ghufron untuk berbicara terkait bagaimana wakil ketua KPK tersebut dapat lolos di berbagai kasus.

Tak hanya itu, Tia juga memprotes panitia Lemhanas untuk dapat menghadirkan pemateri yang dapat memberikan nilai-nilai baik.

Bukan berujung baik, caleg DPR RI Banten 1 tersebut dikabarkan dipecat dan telah digantikan Bonnie Triyana.

Salah satu unggahan akun X yang banyak mendapatkan tanggapan adalah cuitan Said Didu.

"Saat Negara rusak, orang baik disingkirkan" tulis akun X @msaid_didu, (25/9)

Tanggapi pemecatan dosen anti korupsi tersebut, banyak netizen yang merasa kecewa dengan tindakan tersebut.

"Innalillah..Ketika ada wanita hebat seperti ini yg lantang dan berani..malah dipecat.." tulis akun @ArjayaDirja.

"Ternyata ketum partai tdk memhendaki agtanya jadi kritikus, tapi jadi bebek," tambah akun @subandi32787680.

"syarat utama jadi pejabat yang karirnya moncer harus punya mental maling yang kuat dan rakus duit" ujar akun @DjajaSampurna.

"Kasian banget anggota DPR terpilih ternyata gampang sekali dipecat oleh partainya, salah sedikit pecat…. pantas takut semua bersuara kalau tidak sesuai dengan junjungan nya" sebut akun @m_yunus150970.

"Rezim yang takut sama org jujur," tulis akun @anak_5okin. (*)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved