Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Penyebab Tabrakan 2 Helikopter AL Malaysia Terungkap, Disebabkan Kesalahan Kru

 

Penyebab tabrakan helikopter Angkatan Laut Malaysia di Kota Lumut yang menewaskan semua sepuluh orang di dalamnya terungkap, yaitu karena kesalahan kru.

Kecelakaan helikopter Malaysia ini terjadi pada 23 April 2024 di atas pangkalan Angkatan Laut. Salah satu heli menyenggol rotor belakang helikopter lainnya.

Kedua helikopter berjenis Eurocopter AS555SN Fennec dan AgustaWestland AW139 itu berputar-putar lalu jatuh, menewaskan semua orang di dalamnya.

Baca juga: Tabrakan 2 Helikopter Angkatan Laut di Malaysia, 10 Korban Tewas, Tak Ada yang Selamat

Angkatan Laut Malaysia pada Kamis (30/5/2024) mengungkapkan, penyelidikan mereka menemukan bahwa heli Eurocopter terbang tidak sesuai ketinggian dan arah yang ditentukan sehingga masuk ke jalur penerbangan AW139.

"Kru AgustaWestland AW139 fokus mengubah jalur penerbangan dan tidak dapat menghindari tabrakan," kata AL Malaysia, dikutip dari kantor berita AFP.

Video yang beredar di media sosial memperlihatkan beberapa helikopter terbang rendah dalam formasi di atas pangkalan Angkatan Laut Kota Lumut, sekitar 160 kilometer dari Kuala Lumpur.

Helikopter-helikopter tersebut sedang latihan menjelang perayaan hari jadi Angkatan Laut Malaysia pada 3-5 Mei 2024.

Setelah tabrakan, helikopter AW139 jatuh di tribun Stadion Angkatan Laut, sedangkan Fennec jatuh di dekat kolam Kompleks Olahraga Angkatan Laut.
Penyelidik juga memastikan bahwa kedua helikopter layak terbang dan awaknya secara medis layak menerbangkannya, kemudian cuaca hari itu ideal untuk terbang.

Kata Raja dan PM Malaysia soal Tabrakan 2 Helikopter Angkatan Laut yang Tewaskan 10 Orang
Kecelakaan helikopter beberapa kali terjadi di Malaysia.

Pada Maret 2024, empat orang di helikopter penjaga pantai Malaysia diselamatkan setelah jatuh di Selat Malaka saat latihan.

Sebelumnya, dua orang tewas pada 2020 ketika sepasang helikopter dari satu sekolah pilot Malaysia bertabrakan saat penerbangan latihan.

Mundur lagi ke belakang pada 2016, seorang wakil menteri termasuk korban tewas ketika Eurocopter AS350 jatuh di Negara Bagian Sarawak, Malaysia.

Sumber Berita / Artikel Asli : kompas

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved