Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Minta Tambahan Anggaran Jumbo Rp 51,7 T ke DPR, Ini Alasan Mentan

  Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengungkapkan salah satu alasannya meminta penambahan anggaran tahun 2025 sebesar Rp51,7 triliun. Anggaran sebelumnya yang sudah ditetapkan sebesar Rp8,06 triliun. Katanya salah satu alasan penambahan anggaran jumbo tersebut adalah untuk mengimbangi fenomena alih fungsi lahan dengan cara mencetak lahan sawah baru seluas 1 juta hektare.

"(Penurunan luas tanam yang terjadi sekarang ini) karena ada alih fungsi lahan. Karena itu, kita mau cetak sawah untuk mengimbangi alih fungsi lahan," kata Amran saat ditemui usai rapat di Kompleks Parlemen, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2024). 

Adapun untuk lokasi cetak sawah, lanjut Amran, rencananya akan dilakukan di Sumatera, Kalimantan, dan Merauke. Sementara untuk anggarannya, berasal dari anggaran pendukung asta cita presiden terpilih senilai Rp25 triliun.

Ia pun mengaku optimis usulan penambahan anggaran untuk cetak sawah ini akan disetujui oleh pemerintah. "Kalau (usulan penambahan anggaran) disetujui, jalan, alhamdulillah. Ucapan adalah doa, bilang lah disetujui," ucapnya.

Menteri Pertanian,  Amran Sulaiman saat rapat kerja dengan komisi IV DPR RI. (YouTube/Komisi IV DPR RI Channel)Foto: Menteri Pertanian, Amran Sulaiman saat rapat kerja dengan komisi IV DPR RI. (YouTube/Komisi IV DPR RI Channel)

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman saat rapat kerja dengan komisi IV DPR RI. (YouTube/Komisi IV DPR RI Channel)

Diketahui, dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi IV DPR hari ini, Amran mengusulkan penambahan anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2025, dari sebelumnya yang ditetapkan Menteri Keuangan dan Menteri PPN/Kepala Bappenas sebesar Rp8,06 triliun menjadi Rp51,7 triliun.

"Mengingat pagu indikatif pada tahun 2025 relatif masih terbatas, Kementan mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp26,64 tirliun, sehingga total anggaran Kementan setelah ditambah pagu indikatif Rp8,06 triliun menjadi Rp34,7 triliun. Dan diharapkan juga bisa kembali seperti yang pernah dialokasikan pada tahun 2015 (silam)," kata Amran.

Tak hanya sampai situ, Amran juga mengusulkan adanya tambahan anggaran pendukung asta cita presiden terpilih, khususnya untuk program cetak sawah seluas 1 juta hektare senilai Rp25 triliun.

"Dengan demikian, total pagu anggaran Kementan diharapkan nanti menjadi Rp51,7 triliun. Untuk itu, mohon dukungan dari pimpinan dan anggota Komisi IV (DPR RI) terhadap usulan tambahan anggaran tersebut," ucapnya.

Sumber Berita / Artikel Asli: CNBC Indonesia

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved